Pengaruh Penggunaan Kamus Mnemonik Sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA

Gazali, Ilham (2020) Pengaruh Penggunaan Kamus Mnemonik Sebagai Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ILHAM_GAZALI_15046058_1687_2020.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman siswa terkait materi pelajaran sejarah yang diajarkan guru. Siswa mengalami kesulitan dalam mengingat fakta-fakta dan konsep pada materi pelajaran sejarah, akibatnya juga berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar sejarah peserta didik yang masih banyak di bawah KKM yaitu 75. Salah satu penyebab dari rendahnya hasil belajar sejarah siswa yaitu karena kurang bervariasinya sumber belajar yang digunakan oleh guru pada mata pelajaran sejarah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu sumber belajar alternatif yang dapat digunakan yaitu kamus mnemonic. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan kamus mnemonic sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yaitu tipe quasi eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu kelas X IPA di SMAN 12 Padang dengan jumlah 5 kelas, dan kelas X IPS di SMAN 3 Pariaman dengan jumlah 4 kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random kelompok (cluster random sampling). Dalam penelitian ini peneliti memilih kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol di SMAN 12 Padang. Sedangkan di SMAN 3 Pariaman peneliti memilih kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Data skor tes dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif yaitu berupa uji t. Setelah dilakukan uji t yaitu t-test sepihak data posttest kelas eksperimen dengan taraf signifikansi 0,05 maka diperoleh hasil yaitu pada SMAN 12 Padang yaitu 2,840>1,670 dan di SMAN 3 Pariaman yaitu 2.064>1,673. Karena thit>ttab maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan kamus mnemonic sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 09 Apr 2021 02:16
Last Modified: 09 Apr 2021 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30980

Actions (login required)

View Item View Item