Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Sumiarti, Sumiarti (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUMIARTI_120530_774_2020.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan yang hams dikuasai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Padang masih rendah. Selain itu, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat membuat peserta didik aktif dan saling bekerjasama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan mendiskripsikan bagaimana aktivitas belajar peserta didik yang diterapkan model TSTS dan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep matematis Peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Static Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 15 Padang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan sampel kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes akhir berbentuk essay yang dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji-U Mann­ Whitney. Dari analisis data disimpulkan bahwa aktivitas peserta didik yang belajar dengan model TSTS mengalami fluktuasi pada setiap pertemuannyan, dan Median hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen sebesar 75,51 sedangkan kelas kontrol sebesar 64,58. Berdasarkan analisis uji statistik diperoleh P­value sebesar 0,0078 lebih kecil daripada taraf nyata 0,05, maka H0 ditolak. Artinya, pemahaman konsep matematis peserta didik yang belaj ar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 15Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:03
Last Modified: 08 Apr 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item View Item