Modalitas dalam Ranah Politik (Studi Tentang Melemahnya Dukungan Politik terhadap Alkisman dalam Pemilu Legislatif 2019 di Nagari Kapujan, Kabupaten Pesisir Selatan)

Malasari, Fit (2020) Modalitas dalam Ranah Politik (Studi Tentang Melemahnya Dukungan Politik terhadap Alkisman dalam Pemilu Legislatif 2019 di Nagari Kapujan, Kabupaten Pesisir Selatan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_FIT_MALASARI_16058006__1776_2020.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian bermula dari fenomena politik pada skala lokal. Dimana Alkisman salah satu calon anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan dari Dapil II tidak mendapat dukungan mayoritas dari daerah asal. Realita tersebut membawa penelitian ini pada satu pertanyaan penting yakni apa yang menyebabkan turunnya dukungan kepada Alkisman. Pertanyaan tersebut akan dianalisis melalui teori Modalitas Pierre Bourdieu. Dalam teori ini Bourdieu membagi modal kedalam tiga bagian yaitu : Modal Sosial, Modal Budaya dan Modal Ekonomi. Menurut Pierre Bourdieu semakin besar akumulasi modal yang dimiliki maka akan semakin besar pula peluang dalam memenangkan sebuah persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe studi kasus dengan teknik pengumpulan informan adalah purposive samplingdengan jumlah informan sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan sumberdaya ekonomi, sosial dan budaya yang dimiliki Alkisman dalam Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Pesisir Selatan di Nagari Kapujan tidak di optimalkannya. Melemahnya dukungan politik dapat terlihat dari penurunan perolehan suara Alkisman di daerah basis. Yang di sebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: Adanya politik uang, adanya cemburu sosial antar masyarakat, pecahnya dukungan masyarakat antara golongan tua dan golongan muda dan latar belakang partai yang mengusung kandidat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Apr 2021 04:12
Last Modified: 08 Apr 2021 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30972

Actions (login required)

View Item View Item