Pemberdayaan Perempuan Melalui Program UP2K Usaha Setia Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci

Ulpa, Fadilla (2020) Pemberdayaan Perempuan Melalui Program UP2K Usaha Setia Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Bunga Tanjung Kabupaten Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FADILLA_ULPA_16052099_2502_2020.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui Program UP2K Usaha Setia belum maksimal, disebabkan karena kurangnya partisipasi perempuan yang masih berada pada tingkat prasejahtera, berprofesi sebagai ibu rumah tangga, namun memiliki keterampilan untuk dikembangkan. Desa Bunga Tanjung merupakan desa yang ditunjukan oleh pemerintah untuk melaksanakan pemberdayaan perempuan melalui Program UP2K Usaha Setia. Program ini menjadi wadah bagi perempuan untuk mengembangkan keterampilan dan kreatifitasnya dalam bekerja. Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan pemberdayaan perempuan, penyebab kurangnya partisipasi perempuan dalam mengikuti kegiatan UP2K Usaha Setia, dan manfaat ekonomi pemberdayaan perempuan melalui Program UP2K Usaha Setia di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Sitinjau Laut Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan ditentukan secara purposive sampling. Selanjutnya data yang didapat melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapatkan peneliti di lapangan menunjukkan bahwa, pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui Program UP2K Usaha Setia untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, yaitu dengan melihat pelaksanaan pemberdayaan perempuan dengan kegiatan memanfaatkan bambu yang diolah menjadi anyaman bambu untuk dijadikan sebuah produk berkualitas yang dilakukan setiap minggu, kegiatan simpan pinjam, dan pemberdayaan sosial masyarakat. Adapun penyebab kurangnya partisipasi perempuan untuk mengikuti Program UP2K Usaha Setia adalah kurangnya kesadaran untuk berpartisipasi, beban ganda perempuan pengrajin anyaman bambu, rendahnya pendapatan masyarakat. Manfaat ekonomi pemberdayaan perempuan melalui Program UP2K Usaha Setia yaitu dari hasil anyaman bambu dapat membantu meningkatnya kesejahteraan keluarga, menambah pengetahuan dan sosial masyarakat, meningkatkan inovasi dan kemandirian perempuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Apr 2021 02:51
Last Modified: 08 Apr 2021 02:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30966

Actions (login required)

View Item View Item