Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2Xl 1 Enam Lingkung.

Dwinovita, Winda (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 2Xl 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WINDA_DWINOVITA_16029081_657_2020.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam dunia pendidikan, oleh karena itu kemampuan pemecahan masalah harus ditingkatkan. Berdasarkan hasil tes di SMPN 1 2X 11 Enam Lingkung dapat dilihat bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik tidak aktif dalam proses pembelajaran, model yang digunakan belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 2Xl 1 Enam Lingkung. Jenis penelitian adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian static group design. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Menurut penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 1 2X 11 Enam Lingkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Apr 2021 08:03
Last Modified: 07 Apr 2021 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30960

Actions (login required)

View Item View Item