Pembuatan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Leaming pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi Kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam

Jafni, Helvi (2020) Pembuatan LKPD Menggunakan Model Inquiry Based Leaming pada Materi Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi Kelas X SMAN 1 2X11 Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HELVI_JAFNI_1301598_1148_2020.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika di mengacu pada kurikulum 2013, seorang guru harus mampu membuat bahan ajar untuk menunjang pembelajaran di sekolah, bahan ajar tersebut salah satu nya dapat berupa LKPD. LKPD yang dikembangkan harus mampu mendorong minat dan merangsang rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi yang sedang dipelajari dan membuat peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran. Tapi pada kenyataannya LKPD yang disekolah hanya berupa materi dan soal-soal, hal tersebut tidak dapat membuat peserta didik aktif dan tidak berupa LKPD berpraktikum. Tujuan penelitian ini yaitu tentunya untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD berpraktikum yang dapat merangsang minat dan rasa ingin tahu peserta didik, dan membuat peserta didik lebih aktif dengan adanya kegiatan praktikum di dalam LKPD, serta peserta didik dapat memperoleh pengalaman dalam rangka menemukan sendiri konsep-konsep yang direncanakan oleh guru. Penelitian yang dilaksanakan termasuk jenis Research and development (R&D). Objek penelitian yaitu LKPD menggunakan model Inquiry Based Learning. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian yaitu lembar uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis produk. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian bahwa LKPD menggunakan model IBL materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi memiliki validitas dengan rata-rata validasi 85,22% yang berada pada kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:17
Last Modified: 07 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30957

Actions (login required)

View Item View Item