Pembuatan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI

Harrezi, Harrezi (2020) Pembuatan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Suhu, Kalor dan Teori Kinetik Gas Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HARREZI_1305799_1150_2020.pdf

Download (600kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang dapat mempercepat pengembangan potensi manusia untuk mampu mengembangkan tugas yang dibebebankan padanya.Hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah sumber belajar. Sumber belajar dapat berupa bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan dan menarik peserta didik dalam pembelajaran fisika adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMAN 2 Tilatang Kamang, diketahui bahwa pembelajaran fisika belum terlaksana dengan baik. Hal ini disebabkan karena pertama, dalam proses pembelajaran kegiatan praktikum belum terlaksana dengan baik. Kedua, peserta didik kurang tertarik dengan sumber belajar, walaupun mereka memiliki buku paket dan LKPD yang dipinjam dari perpustakaan. Alasan lainnya sumber belajar yang digunakan kurang menarik dan monoton. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis STEM. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dimana metode penelitian ini digunakan untuk mengembangkan atau memvalidasi produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran. Prosedur penelitian ini terdiri dari analisis, desain, dan pengembangan. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang dosen ahli. Beberapa komponen yang dinilai dalam LKPD yaitu kelayakan isi, peyajian, bahasa, dan kegrafikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa nilai validasi LKPD berbasis STEM sebesar 81,4. Ini berarti bahwa secara keseluruhan LKPD berbasis STEM yang telah dibuat sudah berada dalam kategori valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:17
Last Modified: 07 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30956

Actions (login required)

View Item View Item