Pengembangan Modul Bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang dan Alat Optik untuk Siswa Kelas XI Semester II

Amir, Hafizana Tiara (2020) Pengembangan Modul Bermuatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Literasi Lingkungan pada Materi Gelombang dan Alat Optik untuk Siswa Kelas XI Semester II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HAFIZANA_TIARA_AMIR_16033096_929_2020.pdf

Download (670kB) | Preview

Abstract

Ketrampilan abad ke-21 terdiri dari kreativitas, berpikir kritis, kerja sama dan komunikasi. Keempat keterampilan ini dibutuhkan dalam pembelajaran abad 21. Pembelajaran pada abad ke-21 memiliki empat prinsip pokok yaitu: pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa, kemampuan kerja sama siswa dalam mencari informasi, siswa terlibat langsung terhadap lingkungan sosial, pembelajaran sesuai dengan konteks sehari-hari. Untuk mewujudkan keterampilan abad ke-21 dan pembelajaran abad ke-21 dapat dilihat melalui penerapan pembelajaran kontekstual dan didukung dengan kemampuan literasi lingkungan. Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang menghubungkan materi dengan kehidupan sehari- hari. Namun, kondisi di sekolah penerapan pembelajaran kontekstual dan literasi lingkungan masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk menentukan validitas produk berupa modul fisika berbasis CTL dan literasi lingkungan pada materi gelombang dan alat optik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang dikembangkan Borg dan Gall. Langkah-langkah penelitian R&D ini terdiri dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi masal. Pada penelitian ini Langkah-langkah R&D dibatasi sampai revisi desain. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa modul fisika berbasis CTL dan lietarasi lingkungan pada materi gelombang dan alat optik. Kelayakan modul ini diuji oleh tiga orang dosen sebagai tenaga ahli dengan mengisi angket validasi. Hasil validasi dari tiga orang dosen yaitu: untuk kelayakan isi 0,9, untuk kelayakan penyajian 0,89, untuk kebahasaan 0,91, untuk kegrafisan 0,9, untuk CTL 0,93, dan untuk literasi lingkungan 0,92. Untuk semua komponen validasi berada pada kategori sangat tinggi atau valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:17
Last Modified: 07 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30955

Actions (login required)

View Item View Item