Pembuatan LKS Berbasis Model Pembelajaran Generatif pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Yunita, Fitriani (2020) Pembuatan LKS Berbasis Model Pembelajaran Generatif pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FITRIANI_YUNITA_16033012_926_2020.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dihasilkan dari proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas. Proses pembelajaran berkualitas hams didukung oleh perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa (LKS) berkualitas. Namun, LKS yang digunakan di sekolah belum mampu memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya dan belum sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan mengembangkan LKS berbasis model pembelajaran Generatif. Berdasarkan hal di atas telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis model pembelaran Generatif yang valid. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian Pengembangan (Development Research) model Plomp. Objek pada penelitian adalah LKS berbasis model pembelajaran Generatif. Sumber data hasil validasi diperoleh dari tenaga ahli. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas produk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Validitas dari LKS berbasis model pembelajaran Generatif pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya memiliki nilai rata-rata sebesar 87,41. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model pembelajaran Generatif pada materi Gelombang Bunyi dan Cahaya untuk siswa kelas XI SMA/MA adalah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:17
Last Modified: 07 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30954

Actions (login required)

View Item View Item