Disain Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory pada Materi Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA

Yuli, Fatma (2020) Disain Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory pada Materi Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FATMA_YULI_16033092_1047_2020.pdf

Download (908kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika pada kurikulum 2013 bertujuan menguasai prinsip dan konsep serta dapat memiliki keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan dan sikap percaya serta dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pembelajaran fisika hams menekankan peserta didik pada dasar pemahaman konsep ilmiah yang mendalam dan menjadi sebuah wahana dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Namun pada pembelajaran fisika di sekolah, pendidik masih menggunakan metode ceramah (teacher centered) dan belum memanfaatkan virtual laboratory dalam pembelajaran. Selain itu berdasarkan tes pemahaman konsep yang dilakukan terhadap peserta didik masih banyak tingkat pemahaman yang rendah. Untuk meningkatkan pemahaman konsep dan meremediasi miskonsepsi peserta didik pada materi optik dikembangkanlah Bahan Ajar berbasis konflik kognitif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk memperoleh hasil desain bahan ajar fisika berbasis konflik kognitif berbasis virtual labolatory pada materi optik yang valid. Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian pengembangan (Development Research) menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap pendahuluan (preliminary research), tahap pendisainan (prototyping phase), dan tahap penilaian (assesment phase) yang dibatasi sampai uji validitas tahap kedua karena situasi covid-19 yang tidak memungkinkan. Tahap pendahuluan (preliminary research) merupakan tahapan analisis kebutuhan dan konteks dengan menganalisis kajian literatur terkait dengan penelitian dan menganalisis jumal dan wawancara yang dilakukan dengan guru Fisika. Tahap pendisainan (prototyping phase) merupakan tahapan pengembangan dalam mendesain bahan ajar dan setelah itu dilakukan penilaian kelengkapan dan kekurangan bahan ajar oleh peneliti (self evaluation) dan divalidasi oleh tenaga ahli (experts review) dosen Fisika FMIPA UNP. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan dua hasil penelitian. Pertama, berdasarkan hasil self evaluation yang peneliti lakukan berupa pengecekan kekurangan dan kelengkapan komponen Bahan Ajar berbasis konflik kognitif pada materi optik yang peneliti buat semuanya sudah lengkap. Kedua, Bahan Ajar berbasis konflik kognitif pada materi optik adalah sangat valid dengan nilai rata-rata validitas sebesar 0.887. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar berbasis konjlik kognitif pada materi optik Kelas XI SMA/MA adalah sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:17
Last Modified: 07 Apr 2021 04:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30953

Actions (login required)

View Item View Item