Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SDN 05 Kapalo Koto Kecamatan Pauh Kota Padang

Anggraini, Silvia Dewi (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SDN 05 Kapalo Koto Kecamatan Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SILVIA_DEWI_ANGGRAINI_00066_3643_2020.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru dan proses pembelajaran belum menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa mampu menemukan dan membangun sendiri konsep, pengertian dan fakta yang dipelajarinya sehingga hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan data nilai ulangan harian IPA masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan secara kerjasama antara peneliti dan observer. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) Rata-rata RPP Siklus I adalah 79,76% dan pada Siklus II meningkat menjadi 92,86%. (b) Rata-rata pelaksanaan aspek guru pada siklus I adalah 76,85% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Rata-rata-pelaksanaan aspek siswa pada siklus I adalah 75%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. (c) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I kognitif 73,73 dan pada siklus II meningkat menjadi 81,7, pada siklus I afektif 70,83% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,53%, pada siklus I psikomotor 71,92% dan pada siklus II meningkat menjadi 80,2%. Maka rata-rata hasil akhir siklus I adalah 72,22% meningkat pada siklus II menjadi 80,12%. Sehingga pada siklus II hasil belajar yang diperoleh sudah maksimal Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi KKM yang disyaratkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:57
Last Modified: 06 Apr 2021 05:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30948

Actions (login required)

View Item View Item