Pengembangan Media Game Edukatif Menggunakan Aplikasi Articulate storyline pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP

Yuni, Orin Amresta (2020) Pengembangan Media Game Edukatif Menggunakan Aplikasi Articulate storyline pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ORIN_AMRESTA_YUNI_16004122_3644_2020.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Media game edukatif ini dilakukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris, dimana siswa kurang antusias terhadap pembelajaran yang diberikan mengingat mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang disenangi. Media pembelajaran dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. Media Pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif untuk mengurangi permasalahan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah peserta didik dapat mengembangkan kompetensi berkomunikasi dan memiliki kesadaran tentang hakikat dan pentingnya Bahasa Inggris untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam masyarakat global. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu : Analysis (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Implementasi), dan Evaluate (Evaluasi) Uji validitas produk dilakukan oleh validator yaitu 1 orang ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Berdasarkan analisis kebutuhan perangkat pembelajaran, belum adanya media game edukatif menggunakan aplikasi articulate storyline Di SMP N 16 Padang. Penelitian pengembangan ini telah dihasilkan media berbasis web (html) atau berupa application file yang bisa dijalankan pada perangkat seperti laptop, tablet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi syarat dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil rata- rata penilaian kelayakan oleh validator materi dengan kriteria “sangat valid”, rata-rata penilaian kelayakan oleh validator media dengan kriteria “sangat valid” Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa valid dari isi dan media dalam mengembangkan articulate storyline pada mata pelajaran bahasa inggris kelas VII Di SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item