Pengaruh Strategi Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar

Purwati, Nining (2020) Pengaruh Strategi Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NINING_PURWATI_16129081_3753_2020.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran belum menggunakan model yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diajarkan sehingga pembelajaran menjadi satu arah, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga kurangnya motivasi dalam pembelajaran. hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di Kelas IIISekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dan desain penelitian quasy eksperimenbentuk nonequivalent control group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 68 orang dengan populasi sebanyak 100 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Index Card Match. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan bentuk pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel yakni 2,92>1,69 dengan α =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar siswa yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni pada kelas eksperimen 82,71 dan kelas kontrol 73,53. Sehingga H1 diterima yaitu terdapat pengaruh strategi Active Learning tipe Index Card Match terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30946

Actions (login required)

View Item View Item