Praktikalitas E-Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Siswa Kelas XII SMA

Mareza, Amanda (2020) Praktikalitas E-Modul Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Siswa Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AMANDA_MAREZA_17035125_847_2020.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas e- modul reaksi redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas XII SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembngan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu penelitian awal, pembentukan prototipe, dan tahap penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang dimulai dari tahapan pembentukan prototipe III sampai pada tahap penilaian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar wawancara untuk tahap one to one evaluation dan lembar praktikalitas untuk tahap small group dan field test yang diisi oleh guru dan siswa kelas XII SMA. Pada tahap One to One Evaluation lembar wawancara diisi oleh tiga orang siswa, pada tahap Small Group lembar praktikalitas diisi oleh enam orang siswa, dan tahap Field Test lembar praktikalitas diisi oleh tiga puluh orang siswa di SMA N 1 Lintau Buo dan 3 orang guru kimia. Data praktikalitas dianalisis dengan menggunakan indeks Aiken's V dan diperoleh hasil praktikalitas e-modul dari siswa pada tahap small group dengan rata-rata nilai Aiken's V sebesar 0,88 dengan kategori praktikalitas tinggi. Sedangkan praktikalitas e-modul dari guru dan siswa pada tahap field test diperoleh nilai rata-rata nilai Aiken's V sebesar 0,86 dengan kategori praktikalitas tinggi. Untuk hasil analisis dari jawaban siswadiperoleh rata-rata persentase kemampuan siswa menjawab e-modul yaitu 90,5% dengan kategori sangat tinggi. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa e- modul reaksi redoks dan sel elektrokimia berbasis guided discovery learning untuk siswa kelas XII SMA sudah praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30944

Actions (login required)

View Item View Item