Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II

Saputra, Muhammad Rendi (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model Cooperative Learning tipe Talking Stick di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MUHAMMAD_RENDI_SAPUTRA_16129073_3852_2020.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah, dimana pembelajaran masih berpusat pada guru, peserta didik belum dilibatkan secara aktif di dalam pelaksanaan pembelajaran dan guru tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick di kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B sebanyak 8 orang, yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 4 orang perempuan. Data penelitian ini berupa hasil penelitian dan penilian dalam pembelajaran. Sumber data meliputi RPP, hasil pembelajaran dan aktivitas guru serta peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak II Siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 79,16% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II menjadi 91,66% dengan kualifikasi (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 83,32 % dengan kualifikasi (B), meningkat pada siklus II 94,44% dengan kualifikasi (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 79,16% dengan kualifikasi (C), meningkat pada siklus II 94,44% dengan kualifikasi (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 81,24 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 90,62. Dapat disimpulkan bahwa dengan model Cooperative Learning Tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di Kelas IV B SDN 64/VII Sukasari II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30943

Actions (login required)

View Item View Item