Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Berbantuan Peta Konsep pada Materi Hukum Newton Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA

Mora, Dita lndah (2020) Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Berbantuan Peta Konsep pada Materi Hukum Newton Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DITA_INDAH_MORA_16033090_1091_2020.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 berorientasi kepada siswa untuk lebih aktif dan mampu menemukan sendiri materi atau konsep yang dipelajari di sekolah agar siswa terlatih dalam mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dwi Nastuti Rusen (2015) menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 23 siswa yang mengikuti tes awal terdapat 7 siswa (30,47%) dengan kategori tidak kreatif dan 16 siswa (69,57%) dengan kategori sangat tidak kreatif. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan berada pada kategori tidak kreatif dan sangat tidak kreatif. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kreatif dibutuhkan bahan ajar seperti handout berbasis inkuiri dan berbantuan peta konsep. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kevalidan dan kepraktisan handout. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D). Objek dari penelitian adalah handout fisika berbasis inkuiri berbantuan peta konsep untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Instrumen penelitian pada handout fisika dengan cara pengumpulan data dengan pengisian lembar angket validasi oleh 3 dosen FMIPA UNP dan praktikalitas dengan guru disekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa Handout fisika berbasis inkuiri berbantuan peta konsep yang valid. Produk penelitian berada pada katagori valid dari aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, kelayakan kegrafisan dengan nilai rata-rata 75,38% beserta perbaikan saran-saran dari pada validator. Produk penelitian berada pada kriteria sangat valid oleh pendidik dengan nilai rata-rata 85,12% dan juga saran dari guru disekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30941

Actions (login required)

View Item View Item