Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras

Ramadhan, Andi Rio (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANDI_RIO_RAMADHAN_16029098_196_2020.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang mampu menunjang pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran. LKPD memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan materi yang diajarkan. Namun demikian, tidak semua LKPD mampu menunjang pembelajaran secara optimal. Pada LKPD yang diamati terkait materi teorema Pythagoras masih terdapat hal-hal yang perlu disempumakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD pada pokok bahasan teorema Pythagoras yang valid dan praktis dengan menggunakan pendektan Contextual Teaching and Leaming (CTL). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Mckenney yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap preliminary, tahap prototyping, dan tahap assessment. Tahap preliminary terdiri dari analisis peserta didik, analisis struktur isi, dan analisis konsep. Tahap prototyping terbagi atas 3 bagian yaitu prototype 1, prototype 2, danprototype 3. Karena keterbatasan kondisi, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap prototype 2. Pada prototype 1 bertujuan untuk menentukan tingkat kevalidan dari LKPD yang dikembangkan dengan melakukan perancangan, evaluasi sendiri, dan validasi oleh pakar. Pada prototype 2 dilakukan kegiatan one to one untuk mengukur kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Validitas dan praktikalitas diukur berdasarkan angket validitas yang diisi oleh tiga orang validator dan angket praktikalitas yang diisi oleh tiga orang responden. Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan CTL telah memenuhi kriteria valid dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Dilihat dari aspek kemudahan penggunaan, waktu, dan biaya yang diperlukan LKPD memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendektan CTL pada pokok bahasan teorema Pythagoras dapat dinyatakan valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:56
Last Modified: 06 Apr 2021 05:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30939

Actions (login required)

View Item View Item