Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tematik Semester Ganjil Kelas V

Mardian M, Citra (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Tematik Semester Ganjil Kelas V. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_CITRA_MARDIAN_M_ 16004097_3550_2020.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik saat proses pembelajaran belum didukung dengan media pembelajaran yang memadai, jadi dibutuhkannya sebuah media pembelajaran untuk membantu penyampaian materi serta menjadi media yang dapat digunakan guru dengan mudah dan praktis. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk Multimedia Interaktif yang dikembangkan menggunakan aplikasi Lectora Inspire 17 yang valid dan praktis sesuai dengan kriteria kelayakan materi dan media Pembelajaran tematik kelas V SD Negeri 58 Lubuk Buaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Reseacrh and Development (R&D) menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tahapan pengembangan yang dilaksanakan yaitu, Penelitian dan pengumpulan informasi, perancangan (design), pengembangan (development), uji lapangan awal dan produk Akhir. Produk hasil pengembangan ini dinilai oleh satu ahli materi dan dua ahli media. Alat pengumpul data berupa dokumentasi dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penilaian ketepatan materi dari guru Kelas V pembelajaran tematik di SD 58 Lubuk buaya dan ahlicmedia yaitu dosen jurusan Kurikulum dan Tenologi Pendidikan UNP yakni, terdapat penilaian validasi materi oleh guru mata pelajaran dengan kesesuaian materi memperoleh rata-rata dari validator sejumlah 3,82 dengan nilai validitas 95,5% dengan kategori “sangat tepat”. hasil validasi media terdapat dua validator yang dilakukan dengan kategori valid dan aspek media memperoleh nilai dari validator I sebesar 3,69 dengan nilai validitas 92,3% dan validator II sebesar 3,86 dengan nilai validitas 96,1 dengan kategori valid. Aspek media memperoleh presentase dari validator sebesar 82,6%. Dari nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah dikriteriakan “sangat tepat” Sehingga dapat disimpulkan multimedia interaktif ini dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:55
Last Modified: 06 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30935

Actions (login required)

View Item View Item