Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournaments (TGT)di Kelas IV SDN 09 Mudik Palupuh

Septiani, Alvionita (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Teams Games Tournaments (TGT)di Kelas IV SDN 09 Mudik Palupuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ALVIONITA_SEPTIANI_16129155_3850_2020.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik dalam melaksanakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru. guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dalam pembelajaran yang menyebabkan peserta didik kurang mampu untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya untuk menghadapi masalah dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Teams Games Tournaments (TGT) di kelas IV SD Negeri 09 Mudik Palupuh. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 09 Mudik Palupuh dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas IV. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Prosedur penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aspek guru, peserta didik, dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I : a) RPP diperoleh rata-rata 88.89% (B), meningkat pada siklus II 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (A) b) pelaksanaan pada aspek guru diperoleh rata-rata 82.14% (B), meningkat pada siklus II 96.42% dengan kualifikasi sangat baik (A) c) pelaksanaan pada aspek siswa diperoleh rata-rata 82.14% (B), meningkat pada siklus II 96.42% dengan kualifikasi sangat baik (A) d) hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 78.4 dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II 89.45 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, model Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 09 Mudik Palupuh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:55
Last Modified: 06 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30934

Actions (login required)

View Item View Item