Analisis Kestabilan Lereng Pada Lereng Akhir Penambangan PT. Koto Alam Sejahtera Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat

Purnama, Alvin Iranto (2021) Analisis Kestabilan Lereng Pada Lereng Akhir Penambangan PT. Koto Alam Sejahtera Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_ALVIN_IRANTO_PURNAMA_15137047_247_2021.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

PT. Koto Alam Sejahtera merupakan salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertambangan andesit dengan menggunakan metode penambangan quarry. Adanya kegiatan penambanagan membentuk lereng akhir yang belum diketahui kestabilannya. Selain itu, adanya bidang-bidang lemah pada lereng akhir penambangan dapat melemahkan parameter mekanik batuan dan ditemukan rekahan-rekahan serta rembesan air pada lereng yang memiliki sudut kemiringan 81° dengan tinggi lereng 12,343m. Oleh karena itu, diperlukan adanya analisis kestabilan lereng pada lokasi tersebut untuk mencegah terjadinya longsoran. Pada penelitian ini analisis yang digunakan yaitu analisis secara kinematik dengan software dips dan analisis kestabilan lereng dengan metode Morgenstern- Price. Berdasarkan hasil analisis secara kinematik didapatkan nilai persentase potensi longsoran yang terjadi pada lokasi penelitian yaitu longsoran guling jenis Flexural Toppling yang memiliki potensi kelongsoran sebesar 18,27%. Berdasarkan hasil analisis faktor keamanan (FK) lereng menggunakan metode Morgenstern-Price menunjukkan bahwa pada lereng akhir penambangan berada dalam kondisi kritis (FK<1,0) dengan nilai FK sebesar 0,894 pada kondisi jenuh. Oleh sebab itu, dilakukan perubahan geometri lereng untuk mendapatkan kondisi aman (FK>1,3) dengan cara menurunkan sudut kemiringan lereng dari 81° sampai 60° sehingga mendapatkan nilai FK sebesar 1,326.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:29
Last Modified: 05 Apr 2021 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30924

Actions (login required)

View Item View Item