Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Padang Panjang dan Bukittinggi Tahun 2014-2018

Nur Azimah Yy, Nur (2020) Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan terhadap Produk Domestik Regional Bruto di Kota Padang Panjang dan Bukittinggi Tahun 2014-2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NUR_AZIMAH_YY_16136100_2677_2020.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan penggunaan lahan terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) meliputi, 1) pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto, 2) perubahan penggunaan lahan, 3) hubungan jumlah Produk Domestik Regional Bruto terhadap perubahan penggunaan lahan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Teknik analisis data menggunakan tools yang ada dalam Sistem Informasi Geografis (SIG). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perubahan dan pertambahan penggunaan lahan memberi pengaruh terhadap jumlah pendapatan di sektor ekonomi dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Di Kota Padang Panjang, penggunaan lahan yang mengalami pertambahan adalah lahan pemukiman dan lahan peruntukan transportasi. Sehingga pertambahan penggunaan lahan tersebut membuat sektor penyumbang PDRB tertinggi di Kota Padang panjang adalah sektor pengangkutan dan transportasi. Sedangkan, di Kota Bukittinggi lahan yang mengalami pertambahan luas adalah lahan pemukiman, industri, dan jasa-jasa lainnya. Pertambahan penggunaan lahan tersebut membuat sektor penyumbang PDRB tertinggi di Kota Bukittinggi adalah sektor perdagangan, hotel, dan restoran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:27
Last Modified: 05 Apr 2021 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30915

Actions (login required)

View Item View Item