novasi Dart Game Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Materi Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia

Nafriadi, Oga (2020) novasi Dart Game Sebagai Media Pembelajaran Sejarah dalam Materi Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_OGA_NAFRIADI_16046067_3301_2020.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari permasalahan minimnya penggunaan media dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan pengalaman lapangan peneliti semester Januari-Juni 2020 di SMAN 6 Padang, guru lebih dominan memaparkan materi pembelajaran dengan ceramah di depan kelas. Penggunaan media, hanya sebatas power point tidak bersifat interaktif. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan sebuah media pembelajaran yang bersifat interaktif melalui permainan yaitu media Dart Game. Selain menekankan pada interaksi pembelajaran yang menyenangkan materi pada media Dart Game disusun berdasarkan analisis kausalitas atau sebab-akibat terjadinya peristiwa. Pada penelitian ini peneliti mengaplikasikannya pada materi Proses Masuk dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Eropa (Portugis, Spanyol, Belanda, Inggris) ke Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu pendefenisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Namun dalam penelitian ini prosedur penelitian dilakukan hanya sampai tahap pengembangan (development). Subjek uji coba dilakukan oleh dua orang validator yang ahli dibidangnya masing-masing, yaitu ahli materi dan ahli media. Cara mengumpulkan data yaitu dengan memberikan kusioner berupa angket kepada penilai. Teknik analisis data penelitian yang dilakukan dengan pendekatan deskripsi-kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil produk media Dart Game memeroleh kriteria sangat layak. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli materi dengan rerata penilaian skor 3,59 (sangat layak). Sedangkan hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media diperoleh rerata penilaian 3,66 (sangat layak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:47
Last Modified: 05 Apr 2021 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item