Studi Tentang Sulaman Terawang di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam: Studi Kasus Pada Usaha Pinjaik Patah Nagari Panampuang

Roza, Silvia (2021) Studi Tentang Sulaman Terawang di Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam: Studi Kasus Pada Usaha Pinjaik Patah Nagari Panampuang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SILVIA_ROZA_16075053_1098_2021.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Sulaman terawang di Nagari Panampuang merupakan sulaman yang dikembangkan turun temurun. Sulaman terawang didaerah ini diwadahi oleh usaha Pinjaik Patah Kecamatan Ampek Angkek. Keunikan sulaman salah satunya pada bentuk jarum tangan dimana jarum sengaja dipatahkan dengan ukuran kira-kira 2cm agar memudahkan dalam proses menyulam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sulaman terawang di Nagari Panampuang ditinjau dari bentuk motif, alat dan bahan serta teknik pembuatan sulaman. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Data terdiri atas data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk motif sulaman terawang pada usaha Pinjaik Patah berupa motif flora seperti bunga ros, kaluak paku dan kelapa. Motif fauna seperti burung merak, itik dan kupu-kupu. dan motif geometris berupa motif segi empat, segitiga, lingkaran dan prisma. Sulaman terawang yang ada pada usaha Pinjaik Patah Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam dikenal dengan nama sulaman terawang villet, terawang kasiak, terawang banduang, terawang pusek, dan terawang bungo lado. Alat dan bahan yang digunakan yaitu pemidangan, jarum sulam, benang jahit dan benang sulam, serta gunting. Teknik pembuatan sulaman terawang yaitu dimulai dengan penentuan letak motif, menentukan ukuran motif, mencabut benang, mengikat benang sesuai motif dan dilanjutkan dengan mengisi sesuai bentuk motif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:45
Last Modified: 04 Dec 2023 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30895

Actions (login required)

View Item View Item