Pengaruh Minat Terhadap Aktivitas Wirausaha Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang

Joni, Syahendra Putra (2021) Pengaruh Minat Terhadap Aktivitas Wirausaha Mahasiswa Prodi D4 Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_SYAHENDRA_PUTRA_JONI_16135129_595_2021.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan aktivitas berwirausaha mahasiswa prodi D4 Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang. Permasalahan yang ada yaitu rendahnya minat berwirausaha mahasiswa , dan dari segi aktivitas berwirausaha, kurangnya keterampilan dalam pengelolaan usaha dan keterampilan dalam berkomunikasi oleh mahasiswa yang menjalani wirausaha,kurangnya kemampuan dalam mengelola bisnis dan pengelolaan sumber dana, aspek penggunaan dana, dan pengendalian usaha, sedikitnya peningkatan usaha, jangkauan pasar yang sulit mengalami peningkatan,dan kurangnya orientasi dari masing masing tim dalam mengembangkan usaha untuk meningkatkan jumlah omzet dan aset yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif prodi D4 Manajemen Perhotelan tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. Teknik pengambilan sampel non probability sampling. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuisioner (angket) yang disusun berdasarkan skala likert. Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS 16.00 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat berwirausaha berada pada kategori baik (52,2%), (2) aktivitas berwirausaha mahasiswa berada pada kategori cukup 42,2%, (3) Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F hitung dengan sig. 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat berwirausaha (X) terhadap aktivitas berwirausaha mahasiswa prodi D4 Manajemen Perhotelan Fakultas Pariwisata Dan Perhotelan Universitas Negeri Padang (Y) dengan R Square sebesar 0,14. Artinya minat berwirausaha mempengaruhi aktivitas berwirausaha mahasiswa prodi D4 Manajemen Perhotelan sebesar 14% dan sisanya 86% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:45
Last Modified: 05 Apr 2021 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item