Perbedaan Mordan Tunjung Dan Baking Soda Terhadap Hasil Pencelupan Pada Bahan Katun Dengan Menggunakan Ekstrak Kunyit (Curcuma Longa)

Yuled, Ulfah Rahmah (2020) Perbedaan Mordan Tunjung Dan Baking Soda Terhadap Hasil Pencelupan Pada Bahan Katun Dengan Menggunakan Ekstrak Kunyit (Curcuma Longa). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ULFAH_RAHMAH_YULED_16075098_1048_2021.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi upaya untuk mengurangi”dampak yang ditimbulkan zat pewarna sintetis karena berdampak”negatif bagi makhluk hidup dan lingkungan. Tanaman yang dapat dijadikan zat warna alami”adalah kunyit dengan menggunakan mordan tunjung dan baking soda. Penelitian ini bertujuan”untuk mendeskripsikan nama warna (hue), kerataan warna, ketahanan luntur warna teknik”post-mordanting dan perbedaan mordan tunjung dan baking soda terhadap hasil pencelupan”menggunakan ekstrak kunyit (Curcuma Longa). Jenis penelitian yang digunakan”adalah”penelitian eksperimen. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data bersumber dari koesioner/angket”yang disebar kepada 15 orang panelis. Prosedur”yang digunakan terdapat tahap persiapan, ”tahap pelaksanaan, ”tahap penyelesaian dan juga”tahap penilaian. ”Teknik analisis data disusun”dalam bentuk tabel kemudian dianalisis menggunakan”uji Friedman K-Related Sample. Hasil pencelupan menggunakan mordan tunjung sebanyak 73,34% panelis memilihwarna coklat lumpur” (Muddy Waters Brown) dengan kerataan warna 73,34% panelis yang memilih rata dan ketahanan”luntur warna 66,7% panelis yang memilih”sangat tahan. Sedangkan pencelupan”menggunakan mordan baking”soda sebanyak 53,33% panelis memilih warna emas gelap (Dark Golden Rod) dengan kerataan warna 66,7% panelis yang memilih cukup rata dan”ketahanan luntur”warna 66,7% panelis yang memilih cukup tahan. Hasil uji”Friedman K-Related”Sample untuk”kerataan”warna data yang diperoleh adalah 0,001 dan ketahanan luntur warna”data yang diperoleh adalah 0,000 yang artinya Ho”ditolak. Dari penjelasan diatas dapat”diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kerataan dan”ketahanan”luntur warna pada hasil pencelupan”menggunakan ekstrak kunyit (Curcuma Longa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:45
Last Modified: 05 Apr 2021 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30891

Actions (login required)

View Item View Item