Analisis Level Kognitif Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Geografi Semester Gasal Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Pariaman Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson

Jannah, Rahmatul (2020) Analisis Level Kognitif Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Geografi Semester Gasal Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Pariaman Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Anderson. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHMATUL_JANNAH_16045053_3755_2020.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kognitif soal yang ada pada soal ujian akhir semester (UAS) geografi kelas XI SMA Negeri se-Kota Pariaman yang dilihat dari persentase soal Higher Order Thingking Skill (HOTS), Middle Order Thingking Skill (MOTS) dan Lower Order Thingking Skill (LOTS) serta untuk menggambarkan kendala guru dalam membuat soal HOTS dan menggambarkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala guru dalam pembuatan soal HOTS mata pelajaran geografi di Kota Pariaman. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh soal ujian akhir semester (UAS) geografi semester gasal kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Pariaman tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah populasi penelitian yang peneliti lakukan yaitu sebanyak 500 soal. Sampel dalam penelitian ini adalah soal ujian akhir semester (UAS) geografi kelas XI IPS paket A di 6 SMA Negeri di Kota Pariaman yang berjumlah 270 soal. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level kognitif soal yang paling dominan diujikan pada ujian akhir semester (UAS) geografi kelas XI SMA Negeri se Kota Pariaman berada pada level Middle Order Thingking Skill (MOTS) dengan persentase 62% dengan kategori soal berada pada level C2 (memahami) dan C3 (mengaplikasikan), sedangkan soal yang mendominasi selanjutnya berada pada level kognitif Lower Order Thingking Skill (LOTS) dengan persentase 27% yang terdiri dari soal dengan kategori C1 (mengingat) dan level soal yang paling sedikit diujikan yaitu Higher Order Thingking Skill (HOTS) dengan persentase 11% yang berada pada kategori C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi) dan C6 (mencipta). Kendala guru dalam membuat soal HOTS mata pelajaran geografi di Kota Pariaman yaitu terkendala dalam waktu, kendala yang berasal dari siswa, dan kendala yang berasal dari guru itu sendiri. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala guru dalam pembuatan soal HOTS mata pelajaran geografi di Kota Pariaman adalah mengurangi jumlah dan menurunkan level soal, pendalaman materi dan LKPD dan berdiskusi di Forum MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan berdiskusi dengan ahli evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2021 14:22
Last Modified: 31 Mar 2021 14:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30877

Actions (login required)

View Item View Item