Pengaruh Model Koopeartif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir.

Murti, Orina Sandrika (2021) Pengaruh Model Koopeartif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ORINA_SANDRIKA_MURTI_16129090_3920_2020.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum digunakannya model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model koopeartif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 3 dan Pembelajaran 4. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eksperimen design. Dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, populasi terdiri dari beberapa Sekolah Dasar dalam satu Gugus III Kecamatan Ranah Pesisir, yang terpilih sebagai sampel adalah SDN 05 Koto VIII Mudik dan SDN 02 Koto Nan IV. Kelas V SDN 05 Koto VIII Mudik sebagai kelas eksperimen dan SDN 02 Koto Nan IV sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81,94 dengan standar deviasi yaitu 11,522 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 69,75 dengan standar deviasi yaitu 9,930. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 3,51 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan α 0,05 adalah 2,028 sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN Gugus III kecamatan Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Mar 2021 14:22
Last Modified: 31 Mar 2021 14:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30873

Actions (login required)

View Item View Item