Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas IV SD N 01 Ladang Laweh Kabupaten Agam

Imrani, Monalisa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Make A Match di Kelas IV SD N 01 Ladang Laweh Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MONALISA_IMRANI_16129072_4059_2020.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran dan RPP yang dibuat guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan keaktifan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model Pembelajaran Cooperative tipe Make a Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kegiatan pembelajaran terpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tematik terpadu dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative tipe Make a Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Dasar yang berjumlah 20 siswa. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pembelajaran, yaitu siklus 1 86,36% (baik) dan siklus II 95,45% (sangat baik). 2) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I 84,37% (baik) dan siklus II 93,75% (sangat baik), pelaksanaan pada aspek siswa siklus I 81,24% (baik) dan siklus II 90,62% (sangat baik). 3) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 75,08 dan siklus II ratarata 83,43. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative tipe Make a match dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Apr 2021 01:40
Last Modified: 01 Apr 2021 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30871

Actions (login required)

View Item View Item