Kontribusi Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Kecanduan Penggunaan Media Sosial Siswa

Efeni, Chasia Fera (2021) Kontribusi Fear of Missing Out (FoMO) terhadap Kecanduan Penggunaan Media Sosial Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_CHASIA_FERA_EFENI_1600697_44_2020.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Kecanduan media sosial adalah salah satu jenis kecanduan yang disebabkan oleh internet. Kecanduan media sosial adalah individu merasa selalu terdorong untuk mempertahankan onlinenya dengan cara yang mungkin dalam beberapa keadaan dan mengarah pada penggunaan media sosial secara berlebihan. Individu dengan Fear of Missing Out (FoMO) yang tinggi cenderung membuka media sosial dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Fear of Missing Out (FoMO), kecanduan penggunaan media sosial siswa, dan untuk mengetahui kontribusi Fear of Missing Out (FoMO) terhadap kecanduan penggunaan media sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa SMA/SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 330 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dengan plihan jawaban skala model likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan teknik persentase dan analisis linier sederhana, dengan bantuan program SPSS for windows 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum tingkat Fear of Missing Out (FoMO) siswa berada pada kategori rendah dengan frekuensi 158 dan persentase 47,9%, tingkat Kecanduan Media Sosial siswa berada pada kategori sedang dengan frekuensi sebesar 193 dan persentase 58,5%, dan terdapat kontribusi antara Fear Of Missing Out (FoMO) pada Siswa terhadap Kecanduan Penggunaan Media Sosial dengan signifikansi 0,00 <0,05 dan koefisien regresi 0,68. Hal ini berarti, semakin tinggi tingkat Fear of Missing Out (FoMO) siswa maka semakin tinggi pula kecanduannya untuk menggunakan media sosial. Berdasarkan penelitian ini diharapkan Guru BK (Konselor) dapat memberikan layanan yang tepat agar dapat membantu siswa untuk mengatasi permasalahan dalam hal Fear Of Missing Out (FoMO) maupun kecanduan penggunaan media sosial sehingga kegiatan belajar siswa tidak terganggu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:55
Last Modified: 31 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30866

Actions (login required)

View Item View Item