Efektivitas Strategi Mastery Learning Dalam Meningkat Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asap Bagi Anak Tunarungu Kelas X Di SLBN 1 Muaro Sijunjung

Oktavia, Fera (2021) Efektivitas Strategi Mastery Learning Dalam Meningkat Keterampilan Vokasional Membuat Ikan Asap Bagi Anak Tunarungu Kelas X Di SLBN 1 Muaro Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_FERA_OKTAVIA _16003076_700_2021.pdf

Download (761kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan pembahasan tentang permasalahan yang ditemukan penulis di SLBN 1 Muaro Sijunjung. Penelitian ini membahas tentang bagaimana kegiatan pembelajaran keterampilan di SLBN 1 Muaro Sijunjung yang masih kurang akan inovasi-inovasi terbaru sehingga anak cenderung mengalami kebosanan dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan yang begitu-begitu saja. Pembelajaran keterampilan vokasional yang diajarkan hanya berupa keterampilan yang sudah sangat biasa, seperti menjahit, menyulam, merangkai bunga, dan tata boga. Pembelajaran tata boga yang diajarkan pun hanya berupa memasak makanan yang biasa saja, seperti menggoreng, menggulai dan menumis. Melihat dari permsalahan tersebut, penulis mencoba mengajarkan membuat jenis keterampilan vokasional yang berbeda dan cara pengajaran yang berbeda sehingga akan menghasilkan nilai jual yang akan membantu siswa tunarungu dalam kelangsungan hidupnya yang akan datang, yaitu menyajikan keterampilan vokasional membuat ikan asap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan strategi mastery learning sebagai metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi mastery learning efektif digunakan dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat ikan asap bagi anak tunarungu kelas X di SLBN 1 Muaro Sijunjung yang terdiri dari 2 orang perempuan dan 3 orang laki-laki. Hasil dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan kemampuan anak dalam membuat ikan asap sesudah diberikan perlakuan/treatment dengan menggunakan strategi mastery learning di buktikan melalui uji Wilcoxon Sign Rank Test nilai yang dihasilkan 2,032 dengan probabilitas dan Asymp sign. (2tailed) = 0.042 sehingga probabilitas yang didapatkan 0.042<0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima sehingga strategi mastery learning efektif untuk meningkatkan keterampilan vokasional membuat ikan asap bagi anak tunarungu di SLBN 1 Muaro Sijunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:55
Last Modified: 31 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30865

Actions (login required)

View Item View Item