Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Remaja Masjid dengan Perilaku Sosial Remaja di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Gunawan, Agung (2021) Hubungan Keaktifan Mengikuti Kegiatan Remaja Masjid dengan Perilaku Sosial Remaja di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_AGUNG_GUNAWAN_16005100_993_2021.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya perilaku sosial yang dimilki oleh remaja masjid di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota seperti kurangnya kejujuran, disiplin, tanggung jawab, dan toleransi, serta tidak baiknya sikap yang dimiliki oleh remaja. Hal ini diduga karena perilaku sosial remaja mesjid yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara keaktifan mengikuti kegiatan remaja masjid dengan perilaku sosial remaja di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional, populasi sekaligus responden dalam penelitian ini adalah santri/santriwati di Desa Kuranji Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Teknik pengmpulan data menggunakan angket sedangkan alat pengumpulan data menggunakan daftar pernyatanyaaan. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rank order. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan remaja masjid tergolong cukup rendah. (2) Perilaku remaja masjid juga tergolong cukup rendah. Hal ini dibuktikan dengan alternatif jawaban dan tanggapan “Tidak Pernah” pada setiap aspek tersebut. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara keaktifan dengan perilaku social remaja masjid. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan kepada pengurus remaja mesjid, santri/santri, pemerintahan dan masyarakat untuk selalu mendukung kegiatan remaja sehingga akan membawa perilaku sosial yang baik terhadap remaja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:55
Last Modified: 31 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30863

Actions (login required)

View Item View Item