Peranan Kepemimpinan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) dalam Pemberdayaan Nelayan di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan

Urrahma, Sifa (2020) Peranan Kepemimpinan Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) dalam Pemberdayaan Nelayan di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_SIFA_URRAHMA_16045026_2140_2020.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perbedaan keberhasilan dalam KUB di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan karena tidak semua KUB berhasil memberdayakan anggotanya dengan baik, meskipun KUB dibimbing oleh Penyuluh yang sama, tapi terdapat perbedaan keberhasilan yang sangat signifikan antara satu KUB dengan KUB lainnya. Kondisi ini dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah faktor kepemimpinan ketua KUB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi dilakukannya penelitian ini adalah di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketua kelompok memiliki peran dalam keberdayaan anggota kelompoknya. Ketua kelompok yang memiliki kepemimpinan yang baik membuat kelompoknya menjadi berkembang dan meningkatkan kesejahteraan anggota kelompoknya. Faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan ketua KUB dalam memberdayakan nelayan di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan diantaranya: (1) Keterbukaan dan Akuntabilitas ketua kelompok, (2) Kemampuan pemimpin dalam mendorong semangat, (3) kepedulian pemimpin terhadap kesejahteraan anggota, (4) Kedudukan sosial pemimpin dalam masyarakat, (5) pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh pemimpin, (6) serta komitmen ketua maupun anggota dalam KUB, (6) sumber daya yang dimiliki dalam kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:55
Last Modified: 31 Mar 2021 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30862

Actions (login required)

View Item View Item