Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 11 Pancung Soal Kab. Pesisir Selatan.

Putri, Messa Nasti (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 11 Pancung Soal Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MESSA_NASTI_PUTRI_16129347_4304_2020.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 11 Pancung Soal Kab. Pesisir Selatan bahwa pembelajaran tematik terpadu yang selama ini dilaksanakaan masih kurang efektif, dimana guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran dibandingkan peserta didik sehingga peserta didik menjadi pasif, peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan Hasil belajar Tematik terpadu menggunakan model Cooperative tipe Course Review Horay di kelas V SDN 11 Pancung Soal Kab. Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VA SDN 11 Pancung Soal yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu di kelas V. Rata-rata hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 80,56% dengan kualifikasi Baik meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi Amat Baik. Penilaian pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 80,56% dengan kualifikasi Baik meningkat pada siklus II menjadi 93,05% dengan kualifikasi Amat Baik, dan dari aspek peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 77,78% dengan kualifikasi Baik meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi Amat Baik. Dari hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 73,47 dengan kualifikasi Cukup meningkat pada siklus II hanya satu kali pertemuan memperoleh rata-rata 87,99 dengan kualifikasi Amat Baik. Dengan demikian model Cooperative tipe Course Review Horay telah dapat meningkatkan Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik terpadu di kelas V SDN 11 Pancung Soal Kab. Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:54
Last Modified: 31 Mar 2021 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30856

Actions (login required)

View Item View Item