Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Perilaku Disiplin Anggota Pramuka SMP N 10 Padang

Usman, Rizky Akbari (2020) Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Membentuk Perilaku Disiplin Anggota Pramuka SMP N 10 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RIZKY_AKBARI_USMAN_15052021_1717_2020.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang belum disiplin dan melanggar tata tertib sekolah. Dimana salah satu wadah untuk membentuk perilaku disiplin siswa yaitu ekstrakurikuler Pramuka. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran dan kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka untuk membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka SMP N 10 Padang serta upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala-kendala dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka untuk membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka SMP N 10 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP N 10 Padang tepatnya di Jl. Dr. M. Hatta, Kelurahan Pasa Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dalam membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka SMP N 10 Padang pertama, program kerja pasukan penggalang Pramuka SMP N 10 Padang periode 2018/2019 dalam membentuk perilaku disiplin anggota Pramuka. Kedua, membentuk dan membina kedisiplinan anggota Pramuka melalui pelatihan, keteladanan dan penyadaran. Ketiga, pelaksanaan kegiatan latihan baris-berbaris, upacara, perkemahan, lomba pionering dalam meningkatkan kedisiplinan anggota Pramuka. Kendala yang ditemui dalam pelaksanaan Pramuka yaitu pertama, pembina Pramuka yang jarang hadir untuk mendampingi anggota Pramuka. Kedua, masih adanya kekurangan pendanaan dalam pelaksanaan kegiatan Pramuka. Ketiga, anggota Pramuka yang belum disiplin yaitu jarang hadir. Keempat, masih ada beberapa anggota Pramuka yang melanggar tata tertib sekolah. Kelima, sulitnya pemberian izin dari orang tua siswa kepada anaknya untuk menjadi anggota Pramuka. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala pertama, peneguran dan pemberian nasihat kepada pembina Pramuka oleh pimpinan sekolah. Kedua, memaksimalkan dana sekolah dan uang kas. Ketiga, pemberian nasihat, sanksi dan denda. Keempat, mencatat nama anggota Pramuka ke dalam buku pelanggaran harian dan diberi berbagai macam sanksi. Kelima, memberikan pemahaman akan pentingnya kegiatan Pramuka dalam membentuk perilaku disiplin untuk disampaikan kepada orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:54
Last Modified: 31 Mar 2021 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30848

Actions (login required)

View Item View Item