Pengetahuan Pengunjung terhadap Jalur Evakuasi di Jorong Aie Mancua Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Klaudia H.H, Chlara (2020) Pengetahuan Pengunjung terhadap Jalur Evakuasi di Jorong Aie Mancua Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_CHLARA_KLAUDIA_H_H_ 16045082_2198_2020.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana pengetahuan pengunjung terhadap bencana longsor dan banjir bandang dan, 2) mengetahui bagaimana pengetahuan pengunjung terhadap jalur evakuasi pada objek wisata Lembah Anai yang terdiri dari lima objek wisata di Jorong Aie Mancua Nagari Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 68 orang. Pengambilan sampel dilapangan dengan metode Accidental Sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Pengetahuan pengunjung pada objek wisata Lembah Anai memiliki nilai cukup mengetahui bencana longsor dan banjir bandang dari setiap objek wisata. Objek wisata ini meliputi : objek wisata Air Terjun (63,2%), pemandian Mato Aia (80%), pemandian Mega Mendung (55%), pemandian Damai Alam Wisata (75%), dan pemandian Mega Permai (52%). Hal ini, baik dilihat dari pengetahuan pengunjung yang memiliki tingkat pendidikan SLTA lebih baik dibanding pengetahuan pengunjung yang memiliki tingkat pendidikan SD,SLTP dan Sarjana. 2) Pengetahuan pengunjung terhadap jalur evakuasi pada objek wisata Lembah Anai yaitu : objek wisata Air terjun (52,6%) cukup mengetahui, pemandian Mato Aie (60%) baik, pemandian Mega Mendung (55%) cukup mengetahui, pemandian Damai Alam Wisata baik dan cukup masing-masing sebanyak (41,7%), dan pemandian Mega Permai (57,1%) baik. Pengunjung yang memiliki tingkat pendidikan SLTA dan Sarjana lebih baik dari pada pengetahuan pengunjung yang memiliki tingkat pendidikan SD dan SLTP. Dilihat dari visual berdasarkan peta rencana jalur evakuasi yang telah dibuat pengetahuan pengunjung terhadap jalur evakuasi masih kurang, dikarenakan masih banyak pengunjung yang tidak mengetahui apa itu peta dan tidak mengerti membaca simbol yang ada pada peta. Jadi dapat disimpulkan pengetahuan pengunjung terhadap bencana longsor dan banjir bandang dan pengetahuan pengunjung terhadap jalur evakuasi memiliki nilai cukup mengetahui, yaitu apa itu bencana longsor dan banjir bandang, sebab dan akibatnya serta tahu apa itu jalur evakuasi, fungsi dan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:52
Last Modified: 31 Mar 2021 02:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30826

Actions (login required)

View Item View Item