Studi Literatur Penerapan Metode Cerdas Cermat dalam Pembelajaran

Syaputra, Robby (2020) Studi Literatur Penerapan Metode Cerdas Cermat dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_ROBBY_SYAPUTRA_16004081_2760_2020.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang terjadi perlu melibatkan keaktifan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efesien. Proses pembelajaran yang monoton akan membuat siswa menjadi bosan dan berakibat pada rendahnya kualitas dan hasil belajar siswa. masalah belajar tersebut perlu diatasi, maka dilakukanlah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode cerdas cermat dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Menggunakan analisis teks dan wacana dengan metode Grounded Theory. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder yang diperoleh dari 17 artikel jurnal atau skripsi hasil penelitian. Data yang dipilih sesuai dengan pokok permasalahan dan mendukung penelitian. Data selanjutnya telaah dengan keterkaitan antara data, sehingga dapat menghasilkan suatu kalimat paragraf baru berupa temuan dan argumen yang kuat, dan dapat ditarik kesimpulan dari hasil analisis. Berdasarkan hasil telaah dengan menggunakan metode penelitian studi literatur pada 17 jurnal yang telah ditelaah mengenai penerapan metode cerdas cermat dalam pembelajaran. Maka diperoleh temuan menunjukan hasil bahwa metode cerdas dapat digunakan dalam pembelajaran dan memberikan pengaruh terhadap peningkatan kemampuan serta hasil belajar siswa. Penerapan metode cerdas cermat dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat, motivasi dan kemampuan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: UMMA MARDHATILLAH, A.MD.
Date Deposited: 30 Mar 2021 05:16
Last Modified: 30 Mar 2021 05:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30819

Actions (login required)

View Item View Item