Peran Organisasi Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Melaksanakan Pendidikan Politik bagi Pemuda di Kota Padang

Sukmawati, Adina (2021) Peran Organisasi Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dalam Melaksanakan Pendidikan Politik bagi Pemuda di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ADINA_SUKMAWATI_15052069_1774_2021.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peran organisasi kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiya dalam melaksanakan pendidikan politik bagi pemuda dan mendeskripsikan hambatan dalam melaksanakan pendidikan politik yang di lakukan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Kota Padang. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder.Informan penelitian adalah ketua pimpinan cabang IMM Kota Padang, ketua bidang hikmah, kabit bidang hikmah IMM Kota Padang.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data.Teknik analisis data melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran organisasi kepemudaan IMM di kota Padang, terdapat tiga peran, yakni yang pertama membantu pemerintah daerah dan mensosialisasikan politik khususnya mengenai isu-isu krusial. Yang kedua melakukan pelatihan edukasi politik terhadap kader IMM. Dan yang ketiga mendukung dalam kontribusi pemikiran dan membranding kader IMM untuk maju dalam internal kampus. Dan hambatan yang terdapat dalam melaksanakan pendidikan politik yaitu pertama keterbatasan anggaran, kedua keterbatasan narasumber, dan ketiga keterbatasan pengelola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:04
Last Modified: 29 Mar 2021 01:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item