Online Shopping Mahasiswa UNP Tahun 2014-2020

Shamusri, Syafirra (2021) Online Shopping Mahasiswa UNP Tahun 2014-2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SYAFIRRA_SHAMUSRI_16046037_287_2021.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Online Shopping Mahasiwa UNP Tahun 2014-2020. Permasalahan yang peneliti angkat yaitu apakah alasan mahasiswa berbelanja secara online dan pengaruh belanja online pada penilaian mahasiwa, yang membuat mahasiwa Universitas Negeri Padang lebih mengikuti perkembangan zaman dan teknologi dalam segi berbelanja.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mahasiswa berbelanja secara online dan pengaruh pada penilaian mahasiswa Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi heuristik, kritik sumber, analisis, sintesis dan interpretasi serta historiografi (penulisan sejarah). Pertama, penulis mengumpulkan semua data yang berhubungan dengan objek penelitian dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran angket sebanyak 100 narasumber serta pihak terkait lainnya, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Kedua, dilakukan kritik sumber, setelah sumber dikumpulkan, maka pada tahap ini peneliti akan melakukan kritik terhadap sumber-sumber yang ditemukan dan diperoleh dari hadil penelitian dengan melalui tahap kritik sumber ekstern dan intern. Ketiga, Analisis, sintesis dan interpretasi data yaitu menganalisis dan menghubungkan fakta-fakta yang telah diolah pada tahap kritik sumber. Keempat, Historiografi, penulis menerangkan hasil penelitian dalam bentuk sebuah karya ilmiah berupa skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Mahasiswa Universitas Negeri Padang berbelanja secara online dan alasan mahasiswa yang berbelanja secara online karena lebih mudah, irit, hemat dari segi waktu dan sebagainya serta disediakannya aplikasi khusus untuk berbelanja secara online seperti, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Shopee. Belanja online di kalangan Mahasiswa saat ini menjadi hal baru, sedikit banyaknya dapat mempengaruhi pola konsumtif mahasiswa, karena dengan kemudahan yang disediakan dalam berbelanja, baik itu dalam memesan atau memilih barang dan dalam pembayaran, belanja online hanya membutuhkan jaringan internet dan handphone sehingga mahasiswa lebih menyukainya, tanpa harus keluar rumah. Dalam segi berbelanja mahasiswa membeli barang, tidak sesuai kebutuhan melainkan keinginan semata, ingin bergaya dan ingin menampilkan hal yang baru, karena dalam berbelanja secara online banyak barang-barang yang menarik dan sebagaian barang juga tidak ada dijual di pasar tradisional maupun pasar moderen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:22
Last Modified: 26 Mar 2021 03:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item View Item