Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas XI SMAN 3 Padang

Sitopu, Sinta Gabriella (2020) Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kelas XI SMAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SINTA_GABRIELLA_SITOPU_16029031_3733_2020.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika yang berdampak pada basil pencapaian akademik peserta didik. Analisis kesalahan diperlukan untuk mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan tahapan Kastolan pada materi program linear. Kesalahan berdasarkan tahapan Kastolan meliputi kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan subjek berjumlah tujuh peserta didik kelas XI MIPA 7 SMAN 3 Padang. Teknik pengumpulan data dengan pemberian tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengambilan subjek berdasarkan kriteria subjek kemampuan matematika rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian diperoleh subjek cenderung melakukan a) Kesalahan konseptual sebanyak 30,3% meliputi kesalahan dalam memilih dan menerapkan rumus/ konsep materi prasyarat program linear, kesalahan membuat model matematika dan prinsip nilai maksimum dari program linear. b) Kesalahan prosedural sebanyak 24,5% meliputi kesalahan dalam menentukan langkah penyelesaian, langkah yang tidak lengkap, dan penyelesaian tidak sampai bentuk sederhana. c) Kesalahan teknik sebanyak 8,2% yaitu kesalahan menyalin informasi pada soal dan salah dalam menghitung. Penyebab kesalahan tersebut adalah tidak menguasai materi dengan baik, kurangnya berlatih menyelesaikan soal program linear, tidak mengulas kembali materi, tidak teliti, tidak percaya diri dan tidak memeriksa kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Mar 2021 02:59
Last Modified: 26 Mar 2021 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30797

Actions (login required)

View Item View Item