Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Format Kelompok untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa.

Anggreini, Cony (2021) Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Format Kelompok untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
01_CONY_ANGGREINI_15151012_1493_2019.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan suatu kondisi di mana siswa merasa lelah baik secara fisik maupun emosional hingga mengakibatkan menurunnya kualitas belajar pada siswa. Kejenuhan belajar dapat menghambat tugas-tugas perkembangan siswa sehingga harus segera diatasi agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan efektif. REBT memandang adanya keyakinan-keyakinan irasional yang akhirnya akan mengakibatkan tingkah laku yang negatif dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa ialah melalui pendekatan REBT format kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pendekatan REBT format kelompok untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan The Non Equivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Padang dengan 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 orang siswa kelompok kontrol yang terindikasi mengalami kejenuhan belajar dengan kategori tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Instrumen yang digunakan berupa skala kejenuhan belajar yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan Kolmogorov Smirnov 2 Independent Samples. Temuan pada hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan REBT format kelompok efektif dalam menurunkan kejenuhan belajar siswa, di mana setelah diberikan perlakuan, kejenuhan belajar siswa kelompok eksperimen berada pada kategori rendah. Hal ini terlihat dari perbedaan yang signifikan skor rata-rata posttest antara kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan REBT format kelompok dengan kelompok kontrol yang menggunakan layanan konseling format kelompok tanpa pendekatan REBT.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:55
Last Modified: 25 Mar 2021 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30774

Actions (login required)

View Item View Item