Pelatihan Penulisan Kamus Waktu dengan Pendekatan Analisis Diakronis untuk Guru Sejarah MGMP Kota Padang

Zafri, Zafri and Hardi, Etmi and Arsi, Zul and Hastuti, Hera (2020) Pelatihan Penulisan Kamus Waktu dengan Pendekatan Analisis Diakronis untuk Guru Sejarah MGMP Kota Padang. Project Report. Sejarah FIS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
HERA_FIS_IbM 2017.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sejarah sebagai aktualitas adalah berupa peristiwa, kejadian dan perubahan-perubahan yang terjadi pada masa lalu dalam masa yang cukup panjang. Untuk memahami peristiwa masa lalu yang beragam itu, dimensi waktu merupakan sesuatu yang esensial dalam sejarah. Waktu berfungsi sebagai penuntun sejarawan untuk melakukan pembagian berbagai peristiwa masa lalu berdasarkan zaman dan waktu tertentu. Artinya peristiwa masa lalu yang begitu banyak dikelompokkan menurut sifat, unit dan bentuknya sehingga membentuk satu kesatuan waktu tertentu. Konsep waktu merupakan sesuatu yang fundamental dalam sejarah. Ketika guru sudah mengenali dan memahami waktu dan makna historis setiap peristiwa sejarah, maka para siswa secara langsung juga akan memahaminya karena peranan guru sebagai ‘agen’ ilmu di sekolah. Pemahaman siswa dengan waktu dan nilai historis setiap peristiwa dapat berpengaruh terhadap perkembangan aspek kognitif dan afektif siswa. Mengahadapi fenomena pembelajaran sejarah di lapangan saat ini seperti uraian maka tim Ibm memberikan solusi berupa, 1) Penyusunan dan penerbitkan kamus waktu peristiwa sejarah sesuai dengan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran sejarah kelas X, 2) Pelatihan penulisan kamus waktu dengan pendekatan analisis diakronis pada guru sejarah yang tergabung dalam MGMP Kota Padang. Untuk target luaran yang tim pengabdi rancang yaitu, 1) Artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi, 2) Penerbitan buku teks berupa kamus waktu peristiwa sejarah yang disusun sendiri oleh tim sebagai wujud pengembangan IPTEK dalam pembelajaran sejarah. Metode atau langkah-langkah untuk mengembangkan sumber belajar berupa kamus waktu peristiwa sejarah pada pembelajaran sejarah di SMA kelas X yaitu 1) Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Hasil akhir. Keseluruhan langkah dalam metode ini dievaluasi dan direvisi sesuai dengan skema 1) Evaluasi Perencanaan, 2) Evaluasi Pelaksanaan, 3) Evaluasi Proses, 4) Evaluasi Dampak. Penggunaan kamus waktu sebagai salah satu sumber belajar dalam penerapan IPTEK untuk meningkatkan pengetahuan guru dan kognitif siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:58
Last Modified: 25 Mar 2021 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30768

Actions (login required)

View Item View Item