Nilai-nilai Budaya dalam Konteks Pendidikan Karakter pada Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel

Ridanta, Silvia (2020) Nilai-nilai Budaya dalam Konteks Pendidikan Karakter pada Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SILVIA_RIDANTA_16016123_2664_2020.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai budaya dalam konteks pendidikan karakter pada novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dan implikasinya dalam pembelajaran teks novel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mimesis. Data penelitian ini berupa kata-kata, frase, kalimat, dan wacana yang menampilkan tindakan tokoh, paparan ucapan tokoh dan narrator yang mengindikasikan nilai-nilai budaya dalam konteks pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik observasi. Jenis observasi yang digunakan yaitu observasi non-partisipan karena subjek yang diteliti adalah novel. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan, 2 satuan peristiwa nilai budaya kedisiplinan, 13 satuan peristiwa nilai budaya kerja keras, 13 satuan peristiwa nilai budaya tanggung jawab, 12 satuan peristiwa nilai budaya kreatif, 2 satuan peristiwa nilai budaya mandiri, 8 satuan peristiwa nilai budaya rasa ingin tahu, 4 satuan peristiwa nilai budaya menghargai prestasi, 4 satuan peristiwa nilai budaya bersahabat/komunikatif, 15 satuan peristiwa nilai budaya cinta damai, 5 satuan peristiwa nilai budaya gemar membaca, 3 satuan peristiwa nilai budaya peduli lingkungan, dan 12 satuan peristiwa nilai budaya peduli sosial. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran abahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 07:54
Last Modified: 24 Mar 2021 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item