AlihAksara dan Alih Bahasa Teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat

Feblinda, Serly (2020) AlihAksara dan Alih Bahasa Teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_SERLY_FEBLINDA_16017015_2727_2020.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menyajikan bentuk deskripsi fisik naskah Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat; (b) menyajikan bentuk alih aksara teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat; (c) menyajikan bentuk alih bahasa teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian filologi. Objek penelitian filologi adalah berupa teks dan naskah lama. Metode yang digunakan adalah metode filologi berdasarkan tahapan penelitian. Pada tahap pengumpulan data digunakan metode kepustakaan atau observasi, pada tahap deskripsi naskah digunakan metode deskriptif, tahap alih aksara digunakan metode transliterasi atau metode alih aksara, kemudian tahap alih bahasa digunakan metode alih bahasa. Hasil dari penelitian ini ada tiga, yaitu (a) deskripsi naskah Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat; (b) penyajian alih aksara dari teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamatdilakukan dari aksara Arab-Melayu ke aksara Latin. Alih aksara dilakukan dengan pedoman alih aksara tanpa mengubah susunan kata atau isi naskah tersebut; (c) penyajian alih bahasa teks Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamat dialihbahasakan dari bahasa Melayu dan bahasa Minangkabau ke bahasa yang diketahui oleh masyarakat banyak yaitu bahasa Indonesia. Alih bahasa bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami makna yang terkandung di dalam teks. Naskah Paparan Adat Limbago Alam Minangkabau dan Sejarah Asal-Usul Pertalian Negeri-Negeri Disusun Oleh Wahid Datuak Rajo Basa Qadi Salamatberisi tentang sejarah terbentuknya Minangkabau beserta adat istiadat dan peraturan yang berlaku di daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Mar 2021 01:02
Last Modified: 25 Mar 2021 01:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30763

Actions (login required)

View Item View Item