Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model ProblemBased Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung

Putri, Alma Yulisa (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Model ProblemBased Learning (PBL) Di Kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ALMA_YULISA_PUTRI_16129006_192_2021.pdf

Download (675kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu yang rendah dimana proses pembelajaran tematik terpadu yang masih berpusat kepada guru, guru belum maksimal dalam memberikan motivasi kepada peserta didik, guru belum memaksimalkan penerapan model pembelajaran dan pembuatan RPP yang hanya memakai RPP yang ada pada buku guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 07 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA sebanyak 12 orang, yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, peneliti berperan sebagai praktisi, guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, dima siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,94% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Nilai rata-rata aspek guru siklus I diperoleh 80,35% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Sedangkan nilai rata-rata aspek siswa siklus I diperoleh 80,35% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 67,7 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 86,8. Dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 07 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:58
Last Modified: 24 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item