Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang

Hendra, Ravi Mach (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Start With a Question terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RAVI_MACH_HENDRA_16029027_3980_2020.pdf

Download (730kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu aspek penting dan hams dicapai dalam pembelajaran matematika. Pentingnya keterampilan komunikasi matematis bagi peserta didik membuat kemampuan ini perlu untuk ditingkatkan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi di SMP N egeri 20 Padang, menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP N egeri 20 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question (LSQ). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. J enis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasinya seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 20 Padang tahun pelajaran 2020/2021. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Kelas VIII.9 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII.8 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik pada setiap indikator. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P - value = 0,037, karena P - value < 0,05 maka tolak H0. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start with a Question lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 20 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:58
Last Modified: 24 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30746

Actions (login required)

View Item View Item