Pengaruh Penambahan Kunyit(Curcuma) dengan Putik Kelapa(Pistillum Cocos Nucifera) terhadap Hasil Jadi Pembuatan Henna Daun Pacar(LawsoniaInermis)

Ulfa, Afrilla (2021) Pengaruh Penambahan Kunyit(Curcuma) dengan Putik Kelapa(Pistillum Cocos Nucifera) terhadap Hasil Jadi Pembuatan Henna Daun Pacar(LawsoniaInermis). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AFRILLA_ULFA_16078032_1084_2021.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitianini di latarbelakangioleh pemanfaatan zat pewarna alam untuk kosmetik menjadi salah satu alternatif pengganti zat pewarna berbahan kimia. Karena bahan-bahan pewarna kimia tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit bahkan warna yang dimiliki oleh pewarna kimia tidak tahan disimpan dalam waktu relatif lama.Penelitian ini bertujuan untuk a) menganalisis nama warna (Hue) dan kecerahan warna (Value) dari penggunaan daun pacar (Lawsonia inermis) dan kunyit sebagai penerang warna yang dihasilkan dalam penggunaan waktu 3 jam, 5 jam, 7 jam pada telapak tangan dan ujung jari, b) menganalisisnama warna (Hue) dan kecerahan warna (Value) dari penggunaan daun pacar (Lawsonia Inermis), kunyit dan putik kelapa yang dihasilkan dalam penggunaan waktu 3 jam, 5 jam, 7 jam pada telapak tangan dan ujung jari danc)menganalisisperbandingan warna (Hue) dan kecerahan warna (Value) yang dihasilkan dari daun pacar dan kunyit dengan daun pacar, kunyit dan putik kelapa pada telapak tangan dan ujung jari. Jenis penelitian ini adalah quasyexperiment. Populasi penelitian ini adalah mahasiswi Universitas Negeri Padang angkatan 2017usia 20-25 tahundengan3 sampeldan 7 panelis. Teknik pengambilan data metodepurposive sampling. Penelitian dilakukan di ruangan praktek ER 4 jurusan Tata Rias dan Kecantikan, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Negeri Padang. Variabelbebas perlakuan pemanfaatan pewarna alami daun pacar dan kunyit untuk mahendidan perlakuan pemanfaatan pewarna alami daun pacar, kunyit dan putik kelapa untuk mahendi, variabel terikatindikatior (a). Nama warna (hue) (b). Kecerahan warna (value). Jenisdata primer dari hasil pewarnaan pada kulit menggunakan henna hasil pencampuran daun pacar kunyit dengandaun pacar, kunyit dan putik kelapa. Teknikpengumpulan data metode pengamatan (observasi), dokumentasi, instrument danpenentuanindikator.Teknik analisa data deskriptif dengan menampilkan statistic danfrekuensi. Analisa bivariat dengan uji independent sample- t-test dengan kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek warna, penambahan putik kelapa lebih bagus dibandingkan penambahan kunyit dan pada aspek kecerahan warna, penambahan kunyit lebih bagus dibandingkan dengan penambahan kunyit dan putik kelapadan tidak terdapat perbedaan pengaruh hasil jadi pembuatan henna daun pacar dengan penambahan kunyit dan penambahan kunyit dan putik kelapa. Nilai p= 0,812 (p>0,05)serta pada indikator kecerahan warna (value) tidak terdapat perbedaan pengaruh hasil pembuatan henna daun pacar dengan penambahan kunyit dan penambahan kunyit dan putik kelapa. Nilai p= 0,531 (p>0,05) Disarankanbagi peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian lebih lanjut terhadap pembuatan henna daun pacar dengan penambahan kunyit dan penambahan putik kelapa dengan menambah bahan putik kelapa lebih banyak, sehingag diharapkan perolehan warna lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:58
Last Modified: 24 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30743

Actions (login required)

View Item View Item