Pengembangan Modul Biologi Disertai Pendekatan Inkuiri Terbimbing tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Syofyan, Rani Ratnasari (2021) Pengembangan Modul Biologi Disertai Pendekatan Inkuiri Terbimbing tentang Materi Sel untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RANI_RATNASARI_SYOFYAN_1305701_778_2020.pdf

Download (715kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kendala peserta didik dalam proses pembelajaran biologi yaitu media pembelajaran yang ada kurang menarik, dan kurang bervariasi. Media pembelajaran yang sangat sering digunakan adalah buku cetak. Salah satu altematif media yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing tentang materi sel yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan tiga tahapan dari 4-D models, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek penelitian ini terdiri dari 30 orang peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Padang, 2 orang dosen dan 1 orang guru. Objek penelitian adalah modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing tentang materi sel. Data penelitian ini adalah data primer yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing tentang materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA/MA. Dari hasil uji validitas, diperoleh rata-rata nilai validitas 90,33% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing yang dikembangkan memiliki rata-rata nilai 90,40% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh peserta didik memiliki rata-rata nilai 81,35% dengan kriteria praktis. Jumlah rata-rata dari kedua nilai praktikalitas tersebut adalah 85,87% dengan kriteria praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul biologi disertai pendekatan inkuiri terbimbing tentang materi sel untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:26
Last Modified: 05 Apr 2021 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30741

Actions (login required)

View Item View Item