Efektivitas Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk Mencegah Perilaku Homoseksual pada Peserta Didik

Tania, Isna (2020) Efektivitas Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk Mencegah Perilaku Homoseksual pada Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ISNA_TANIA_17151061_3236_2020.pdf

Download (663kB) | Preview

Abstract

Remaja dapat mengalami kebingungan identitas dalam masa pencarian identitas seksual yang disebabkan oleh penyimpangan hubungan sosial, penyalahgunaan media komunikasi, dan krisis moral sehingga berperilaku homoseksual. Pada studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan peserta didik yang rentan terhadap perilaku homoseksual sehingga diperlukan upaya pencegahan. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas Pendidikan KarakterCerdas Format Kelompok (PKC-KO) untuk mencegah perilaku homoseksual pada peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experiment dengan bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian, yaitu peserta didik tingkat SLTA. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah skala model Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kecenderungan perilaku homoseksual peserta didik sebelum dengan sesudah diberi perlakuan Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO). Hal ini menggambarkan adanya penurunan yang signifikan kecenderungan perilaku homoseksual yang dimiliki peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka perilaku homoseksual dapat dicegah melalui Pendidikan Karakter-Cerdas Format Kelompok (PKC-KO). Peserta didik dapat mengikuti kegiatan tersebut secara terjadwal berdasarkan program BK yang disusun oleh guru BK/konselor di sekolah. Guru BK/konselor perlu mengembangkan topik dalam pelaksanaan kegiatan PKC-KO agar dapat menjangkau seluruh aspek perkembangan peserta didik pada bagian pengembangan perilaku etis, kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan kesadaran gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:58
Last Modified: 24 Mar 2021 06:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30740

Actions (login required)

View Item View Item