Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang

Soneta, Anggie Mutya Febria (2020) Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ANGGIE_MUTYA_FEBRIA_SONETA_16029099_3488_2020.pdf

Download (613kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Motivasi memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai kegiatan, salah satunya dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan bagian dalam diri seseorang tentang suatu keadaan yang menyebabkan seseorang dapat bertindak dengan cara yang jelas untuk memenuhi beberapa tujuan tertentu, salah satunya dalam belajar. Berhasilnya kegiatan pembelajaran dapat dilihat pada hasil belajar yang baik. Basil belajar adalah ukuran seberapa jauh peserta didik dapat memahami materi yang sudah diajarkan yang berlangsung sejak awal kegiatan pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Penelitian nu merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Padang yang memiliki sampel penelitian sebanyak 71 responden dengan metode purposive sampling. Data motivasi belajar diperoleh dari penyebaran angket melalui google form. Data hasil belajar matematika diperoleh dari nilai Ujian Mid Semester Genap Tahun Pembelajaran 2019/2020. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi product moment. Sumbangan variabel X terhadap variabel Y dapat ditentukan dengan rumus koefisien determinasi (KP). Basil analisis menunjukkan bahwa analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,365 > 0,2335) pada taraf signifikan 5% dan memiliki pengaruh sebesar 13%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 21 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:57
Last Modified: 24 Mar 2021 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30734

Actions (login required)

View Item View Item