Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Seni Rupa Peserta Didik Kelas VII di SMPN 02 Ranah Ampek Hulu Tapan

Putri, Okta Yunita (2020) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Seni Rupa Peserta Didik Kelas VII di SMPN 02 Ranah Ampek Hulu Tapan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_OKTA_YUNITA_PUTRI_16020111_3682_2020.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Materi Seni Rupa Peserta Didik Kelas VII di SMPN 02 Ranah Ampek Hulu Tapan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Desgn pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Purposive Sampling. Peneliti mendapatkan kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan dokumentasi . Teknik analisis data yang dilakukan adalah tahap pengolahan deskriptif dan analisis induktif menggunakan SPSS.16. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan uji normalitas yang menggunakan uji kolmogrov-smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan levene test. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-tes. Setelah semua pengujian dilakukan dapat diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar (0,003 < 0,005) dan thitung post-test sebesar 3,102, lebih besar dari ttabel (0,3102 > 2,000), maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian hasil belajar kelas eksperimen berbeda secara signifikan di bandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Peneliti menyimpulkan pada kelas yang menggunakan media Audio Visual terdapat perbedaaan yang signifikan dengan kelas yang tidak menggunakan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi seni rupa di kelas VII di SMPN 02 Ranah Ampek Hulu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Mar 2021 06:56
Last Modified: 24 Mar 2021 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/30719

Actions (login required)

View Item View Item